Alamat Sekolah

Alamat : Jl. Santren II Gunungpring Muntilan Magelang Kode Pos 56415
Telepon : (0293) 586844
E-mail : sd_muhammadiyah_gunungpring@yahoo.co.id
http://sdmugu.blogspot.com

PESERTA DIDIK BARU

BAGI IBU/BAPAK CALON ORANG TUA / WALI SISWA SD MUHAMMADIYAH GUNUNGPRING YANG AKAN MENDAFTARKAN PUTRA - PUTRINYA, SILAHKAN SEGERA MENGAMBIL FORMULIR PENERIMAAN SISWA BARU UNTUK TAHUN PELAJARAN 2019 - 2020

Senin, 19 Maret 2012

KUNJUNGAN KE KANTOR POS

Aku tukang pos
Rajin sekali
Surat kuantar dengan sepeda
Semua tempat aku datangi
Tidak mengenal kaya dan miskin
Kring.... pos

Adalah syair lagu yang dinyanyikan  siswa-siswi kelas 1 SD Muhammadiyah Gunungpring saat berkunjung ke Kantor Pos Kecamatan Muntilan. Pada kesempatan tersebut siswa  kelas 1 yang berjumlah sekitar 98 siswa dikenalkan beberapa hal yang berhubungan dengan kegiatan di kantor pos dan tempat-tempat umum. Hal ini merupakan salah satu wujud pengaplikasian dari salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan tema "Letak Alamat" yaitu menuliskan alamat dengan lengkap dan jelas agar sampai kepada alamat tujuan. Disamping itu mereka juga belajar untuk mengenal benda-benda pos berupa kartu pos dan perangko yang saat ini sudah jarang ditemukan oleh anak-anak serta cara-cara bersikap ketika berada di tempat-tempat umum dan  membudayakan antri.




 




Awal kegiatan, siswa masuk ke ruang tunggu guna menunggu petugas pos siap melayani dalam pembelian perangko. Setelah semua siswa mendapat perangko, mereka menempelkan di kartu pos yang telah diisi nama dan alamat pengirim, penerima, serta isi surat. Dalam hal ini kartu pos dikirimkan ke orang tua masing-masing siswa. Setelah itu mereka diajarkan tentang cara penyortiran oleh petugas, baru kartu pos diserahkan ke bagian penerimaan secara antri.
Sebelum pulang, anak-anak diajarkan tentang lagu “Aku Tukang Pos” oleh petugas dari kantor pos. Mereka bernyanyi bersama sambil bertepuk tangan dengan penuh gembira, bagi yang dapat menyanyi sendiri diberikan hadiah oleh petugas pos.
Ada beberapa guru pendamping yang dengan setia mendampingi siswa-siswi untuk melakukan kegiatan tersebut diantaranya Bu Endah Puspita Dewi, S.Pd., Siti Arifatu Rahmawati, S.Ag., Nurhidayati Retno Ningrum, S.Ag., Nisrina Wisnu Putri, SE., Atik Dwi Nur Sustanti, A.Ma., Ika Septi Wardani, S.Psi., Arfan Ari Nugroho, S.Pd. 


D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bencana Alam

Kulihat ibu pertiwi, sedang bersusah hati.....
Mari kita ringankan beban "mereka" yang sedang terkena musibah baik itu gempa bumi, letusan gunung merapi, tanah longsor, banjir, maupun tsunami. Kita sisihkan harta kita, tenaga dan pikiran untuk membantu meringankan beban para korban dan pengungsi. Yang paling penting lagi, mari kita kembalikan lagi "ibu pertiwi" yang telah rusak agar kembali seperti sedia kala.